Makanan Penyebab Keputihan Abnormal Itu Benarkah Ada?

Makanan Penyebab Keputihan Abnormal Itu Benarkah Ada? – Di masyarakat luas ada beberapa anggapan mengenai makanan penyebab keputihan abnormal yang sangat dipercayai oleh mereka, namun benarkah itu sebuah fakta atau hanyalah sebuah mitos belaka?. Bahkan karena sangat percayanya, mereka berusaha menghindari mengonsumsi berbagai makanan ini. Nah biar kita tidak salah dalam memahami anggapan penyebab keputihan tersebut simak ulasan di bawah ini.

Makanan Penyebab Keputihan Abnormal Itu Benarkah Ada?

Makanan Penyebab Keputihan

Nanas. Makanan pertama yang dianggap sebagai penyebab keputihan adalah nanas. Namun fakta sesungguhnya adalah, tidak ada kaitannya antara buah ini dengan munculnya keputihan. Nanas sendiri bahkan merupakan buah yang kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Di dalam nanas terkandung asam amino, triptophan yang bermanfaat untuk menghindari depresi, adapun antioksidan dan betakarotin yang terdapat pada buah warna kuning ini terbukti mampu meningkatkan daya konsentrasi dan mencegah risiko mata katarak.

Timun. Banyak yang mempercayai jika buah satu ini merupakan salah satu makanan penyebab keputihan pada wanita. Adapun kandungan kukurbitasin C-nya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjangkit penyakit hepatitis.

Pisang Ambon. Berdasarkan penelitian beberapa pakar ditemukan fakta, bahwa tidak ada hubungan antara pisang Ambon dan keputihan. Pisang Ambon memang tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebih oleh wanita lajang, mengingat kandungannya yang dapat menaikkan libido.

Minuman bersoda. Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan gula berlebih yang bisa memicu pertumbuhan berbagai jamur. Salah satunya adalah jamur candida albicans, yaitu mikroorganisme yang dapat memicu keputihan, hal ini sesuai dengan dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh The Departement of Health And Human Service di Amerika Serikat.

Buah yang dikeringkan. Di dalam buah yang dikeringkan umumnya mengandung gula fruktosa yang tinggi yang dapat memicu perkembangan jamur dan membuat keputihan tidak normal lagi.

Keju. Makanan ini merupakan makanan yang dihasilkan dari hasil fermentasi yang dapat memicu kemunculan jamur dan dapat menginfeksi dan menyebabkan keputihan tidak normal. Makanan hasil fermentasi lain seperti pasta tomat, jamur dan bir disarankan pada wanita untuk membatasi mengonsumsinya.

Terung. Terung mempunyai kandungan phycocynanin yang menyehatkan dan dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit, seperti alzheimer, parkinson dan huntington. Di dalam terung juga terkandung resveratrol yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

Kesimpulan: berbagai makanan penyebab keputihan abnormal (positif).

Dari data di atas tentu kita dapat mengambil kesimpulan mengenai makanan penyebab keputihan tidak normal pada wanita. Dari jenis berbagai buah-buahan segar tidak ada yang memicu keputihan abnormal.

Penyebab keputihan tidak normal umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, parasit atau virus. Makanan jenis tertentu dapat memungkinkan perkembangan jamur yang menyebabkan keputihan terganggu. Makanan tersebut di antaranya:

Makanan yang mengandung banyak gula. Karena makanan ini mengandung karbohidrat berlebih yang menyimpan gula dan tidak semuanya dibutuhkan oleh tubuh. Contoh makanan ini sepereti soda, alkohol, dan minuman dengan kandungan gula tambahan yang berlebih.

Makanan mengandung ragi/jamur. Makanan seperti ini dapat memicu keputihan berlebih. Hindari makanan hasil fermentasi seperti keju, pasta tomat dan jamur.

Buah-buahan yang dikeringkan. Buah yang telah dikeringkan ternyata menghasilkan glukosa dengan kadar cukup tinggi sehingga bagi wanita jika ingin mengonsumsi agar dibatasi karena merupakan salah satu makanan penyebab keputihan berlebih.